Exfoliate : Penjelasan dan Manfaat

source: google
Mungkin untuk sebagian orang yang awam terhadap permasalahan kulit atau tidak terlalu memperhatikan kondisi kulit bisa jadi belum tahu mengenai exfoliate. Ketika membeli suatu produk kecantikan, beberapa diantaranya mencantumkan tulisan 'exfoliate'. Anda mungkin akan bertanya-tanya, exfoliate itu apa sih? Fungsi atau manfaatnya apa? Cocok untuk jenis kulit apa saja, lalu digunakan berapa hari sekali, atau berapa minggu sekali? Nah, hari ini saya akan membahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Exfoliate atau exfoliation adalah pengelupasan kulit (kulit mati) dari lapisan kulit paling atas dengan menggunakan scrub. Sebagian orang menganggap exfoliate sebagai hal yang kurang penting, atau bahkan sering kali melupakan step ini. Padahal, exfoliate merupakan tahapan penting agar Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih.

Selain itu, sebagian orang yang sudah melakukan exfoliate terkadang justru sengaja meninggalkan step ini dengan alasan sakit atau perih sehabis melakukan peng-scrub-an. Hal itu diakibatkan karena butiran scrub yang digunakan cenderung kasar dan digunakan pada wajah ataupun area wajah yang memiliki jenis kulit sensitif dan berminyak.

Nah, lalu sebenarnya apa sih manfaat exfoliate itu sendiri? Manfaat exfoliate adalah:

1. Membuat kulit Anda terasa lebih halus dan lembut
Hal ini terjadi karena pada saat proses exfoliate sel-sel kulit mati Anda terangkat dengan bantuan scrub yang digunakan, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

2. Membantu mengatasi masalah jerawat
Sebagian orang justru memiliki pendapat yang berbeda dalam hal ini. Kebanyakan menganggap bahwa dengan melakukan exfoliate pada wajah yang berjerawat justru akan memperparah keadaan jerawat, bahkan menyebabkan iritasi. Tetapi faktanya, jika scrub yang digunakan memiliki tekstur yang bagus atau halus, dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah jerawat. Karena scrub yang ada dapat membantu membersihkan pori-pori kulit wajah untuk mencegah timbulnya jerawat.

3. Membantu produk perawatan kulit bekerja lebih baik
Exfoliate menghilangkan sel-sel kulit mati yang berada di lapisan teratas kulit kita. Dengan begitu, segala produk perawatan kulit yang Anda gunakan dapat menyerap dan bekerja lebih jauh ke dalam lapisan kulit Anda, karena sel-sel kulit yang ada di bawahnya masih dalam keadaan sel kulit 'muda'.

4. Membantu mencerahkan kulit
Dengan mengelupasnya sel-sel kulit mati, maka lapisan sel kulit yang ada dibawahnya yang akan menggantikan sel kulit diatasnya, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

5. Membantu melawan berbagai tanda penuaan
Tanda penuaan itu seperti contohnya garis-garis kerutan dan flek hitam. Exfoliation membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu mempercepat regenerasi kulit Anda, sehingga garis kerutan maupun flek hitam yang ada dapat tersamarkan bahkan menghilang.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu exfoliate dan Anda pun dapat menyimpulkan pentingnya untuk melakukan proses exfoliasi. Step ini dapat dilakukan 2-3x dalam seminggu, dan pastikan Anda memilih produk yang dapat membantu Anda melakukan exfoliate secara lembut dan nyaman pada kulit Anda. Gunakan masker yang mengandung scrub yang lembut ya, agar wajah Anda tidak menjadi merah atau iritasi. Masker yang mengandung scrub yang lembut dapat digunakan untuk semua jenis kulit, baik itu normal, kombinasi, berminyak, sensitif, maupun kering. Ingin tahu produk apa yang mampu memberikan Anda manfaat exfoliate tetapi secara lembut, halus dan nyaman? Langsung saja klik link di bawah ini!

Comments